Catatan Perjalanan · Kuliner

Ngopi Sanger dulu

“Ini kopi apa?”

“Ini? Kopi Sanger namanya. Coba saja.”

Jawaban itulah yang saya dapat saat mengunjungi warung kopi (kalau boleh saya sebut) di Jl. Tubagus Ismail. Segera saya memesan kopi ini karena penasaran dengan rasanya. Berapa harganya dan di mana warung kopinya? Nanti akan saya jawab di akhir tulisan ini.

Sembari menunggu kopi, saya menanyakan tentang Kopi Sanger kepada teteh pelayan yang kebetulan berdiri dekat meja saya.

Pertanyaan pertama saya adalah asal muasal nama kopi ini. Lalu dia menjawab bahwa nama kopi ini berasal dari singkatan “sama-sama ngerti”. Ungkapan tersebut bermula dari keinginan mahasiswa berdompet tipis untuk mencoba kopi susu yang enak. Kemudian, para mahasiswa itu tawar-menawar dengan pemilik warung kopi untuk mengerti kondisi mereka dan menyesuaikan harga kopinya.  Lalu sejak itu, kopi itu bernama Kopi Sanger alias kopi sama-sama ngerti.

Lanjutnya, dia bercerita bahwa Kopi Sanger adalah salah satu kopi khas Banda Aceh yang membutuhkan peracik kopi handal. Lho, kenapa begitu? Nah, sang peracik harus mengetahui takaran pas antara kopi, gula, dan susu yang akan menjadi penentu rasa Kopi Sanger. Selain itu, sang peracik harus handal dalam menggunakan saringan kopi yang menjadi unsur penting dalam membuat Kopi Sanger.

Kopi Sanger
Kopi Sanger

Beberapa detik setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan saya, kopi pesanan saya tiba juga. Saat hendak meminumnya, sang pelayan mengingatkan bahwa saya harus mengaduknya terlebih dahulu. Rupanya ada gula dan susu kental yang mengendap di dasar gelas.

Setelah mengaduk hingga rata, saya seruput Kopi Sanger. Ah, rasa kopi ini berbeda dengan kopi susu sachet-an yang cenderung manis banget. Saya masih merasakan rasa pahit walau kopi telah bercampur dengan susu dan gula.

***

Seulawah Coffe
Seulawah Coffee

Oh iya, bagi yang penasaran dengan Kopi Sanger ini, kalian bisa mengunjungi Seulawah Coffee di Jalan Tubagus Ismail. Harga segelas Kopi Sanger sebesar 14.500 di sini.

Leave a Reply

