Catatan Perjalanan · Review film

[Review Film] Singkat Saja dengan Psycho (1960)

(SPOILER ALERT !)

Ini kali kedua aku menonton film Psycho. Pertama, aku menonton film ini saat sedang menikmati malam minggu sendirian di kamar. Kedua, saat berada di Bioskop Preanger yang sedang memutar film ini sebagai pengisi acara rutin mereka di Kedai Preanger. Tapi aku tetap merasakan ketegangan yang sama walau telah menonton dua kali.

Ketegangan ini tentu berasal dari banyak faktor. Mungkin kamu bisa membaca puluhan reviewnya di internet, tapi alangkah lebih pas jika dimulai dari wikipedia.

Ah, tapi aku (mungkin) memiliki pendapat berbeda dari puluhan review itu. Menurutku ada dua faktor utama yang membuat ketegangan film ini tetap utuh walau telah ditonton dua kali, yakni musik latar dan Norman Bates.

Musik latar film ini sungguh sialan. Bukan musik senyap dan suara pintu terbuka khas FTV horor di Trans TV yang membuatku tegang, melainkan suara biola dan cello. Memang terdengar aneh jika ketakutan dan tegang oleh suara instrumen string tersebut. Tapi coba bayangkan ini, biola dan cello tersebut dimainkan hingga mencapai suara melengking saat adegan penusukan Marion Crane di kamar mandi. Nah, bagaimana tidak tegang.

Oh ya, selain itu, jangan lupakan peran Norman Bates yang keren dalam film ini. Pada awalnya, aku kira dia seseorang yang baik-baik saja karena penampilannya yang polos dan ramah. Tapi lama-kelamaan, rupanya dia tidak sebaik yang aku kira karena dia adalah pembunuh yang sebenarnya. Hingga pada akhir film, aku melihat sosok Norman Bates yang berbeda yakni dengan senyuman dia yang mengingatkanku dengan sosok monster psikopat yang pernah kutonton di berita saat kecil.

Tapi, kalau kamu masih belum percaya dengan pendapatku, kamu bisa menonton film ini dan menguji pendapatku sebelumnya.

Ah, sial, gara-gara menulis catatan ini, aku ingin menonton film Psycho lagi. Bukan hanya itu saja. Aku ingin mencoba menonton seluruh film sekuel Psycho, termasuk film re-make Psycho yang terbaru. Apakah aku merasakan ketegangan yang sama? Siapa tahu.

 

Leave a Reply

