Kuliner

Tiga Nama untuk Satu Kopi

 

 

When Life Give You Lemon, Make Coffee With Lemon! – Vecco

Jika minuman kopi memiliki nama, maka apa nama kopi yang sedang di tangan saya ini? Saya akan beri petunjuk. Pertama, kopi ini tidak berwarna hitam pekat dan cenderung berwarna coklat muda. Kedua, rasa kopi ini tidak pahit, melainkan pahit asam yang menyegarkan. Ketiga, kopi ini dicampur dengan lemon! Sekarang, apa nama kopi di tangan saya ini?

Belum terjawab? Kasihan, saya sudah mendapat jawabannya di internet. Tidak hanya itu saja, saya mendapat tiga nama untuk minuman kopi ini.

Nama pertama untuk kopi ini adalah cafezinho. Nama ini digunakan oleh orang-orang di Brazil saat disuguhi kopi yang telah dicampur dengan lemon. Ah ya, kalimat untuk menawarkan cafezinho adalah seperti ini, “você toma um cafezinho?” yang berarti “apa kamu mau cafezinho?”.

Nama kedua kopi ini yakni mazagran atau cafe mazagran versi Portugis. Kenapa versi Portugis? Nahmazagran versi asli yang berasal dari Algeria hanya kopi manis yang disajikan dengan air dingin. Sedangkan mazagran versi Portugis adalah espresso yang telah dicampur dengan lemon dan atau rum.

Nah, nama terakhir kopi ini adalah nama yang umum ditemui di warung kopi luar negeri, yakni Espresso Romano. Walau terdapat kata Roma di kopi ini, ternyata Espresso Romano tidak memiliki hubungan dengan Kota Roma atau Italia.

***

Pembaca (mungkin) bingung dengan rasa kopi ini dan merasa jarang menemukan kopi ini warung kopi yang tersebar di Bandung atau luar Bandung. Kenapa saya bisa berkata demikian? Menurut “Sang Dukun” yang meracik kopi ini, lidah orang Indonesia tidak terbiasa dengan rasa Espresso Romano sehingga kita akan jarang menemui warung kopi yang menyajikan kopi ini.

 

Eh, tadi saya berkata bahwa ada “Sang Dukun” yang meracik kopi ini. Nah, rasanya janggal jika tidak mengenalkan “Sang Dukun” ini setelah dia bercerita panjang lebar tentang kopi ini. Baiklah, “Sang Dukun” ini bernama panggung “Hamdan Jazz” dan saya mendapati kopi ini saat ngopi cantik di Kedai Preanger yang beralamat di Jalan Solontongan No. 20-D, Bandung.

Leave a Reply

